Tips Merawat Kolam Renang di Rumah Sendiri

Memiliki kolam renang pribadi dirumah tidak jauh berbeda dengan memiliki barang-barang lain dirumah anda. Kolam renang butuh perawatan khusus agar tetap layak digunakan. Apalagi jika ada beberapa kerabat yang hendak menggunakan kolam renang anda. Tentu anda tidak ingin membuat mereka kecewa bukan? Nah untuk itu anda harus merawat kolam renang anda dengan baik secara rutin. Kolam renang merupakan air terbuka yang rentan tercemari oleh berbagai macam hal seperti air hujan, serangga, dan lain-lain.

Jika kolam dibiarkan terbengkalai maka hal ini bisa menyebabkan berkembangnya bakteri. Jika teman atau keluarga anda berenang di kolam yang kotor maka hal ini bisa sangat berbahaya karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Meskipun jarang dipakai, namun kolam renang harus tetap dirawat secara rutin dan berkala. Ada baiknya anda menyimak beberapa tips merawat kolam renang di bawah ini.

Berikut beberapa tips merawat kolam renang:

 

 
- Pertahankan keseimbangan air.

Tingkat pH pada air adalah ukuran alkalinitas yang harus diperiksa setiap dua kali dalam seminggu. Tingkat pH pada air harus sedikit basa yaitu sekitar 7,2-7,6. Pada tingkat ini klorin bekerja sangat efektif. Anda perlu menambahkan asam secara rutin yakni asam muriatic, alkali, atau baking soda. Tingkat pH yang tidak tepat bisa menyebabkan kerusakan pada kolam.

- Lakukan sanitasi.

Hal ini penting untuk mensterilkan kolam renang dari macam-macam virus seperti bakteri dan alga. Jika tidak dibersihkan, kolam akan menjadi tempat berkembang biak bakteri. Nah bakteri tersebut bisa anda hancurkan dengan klorin atau bromin. Tambahkan klorin secara rutin sekitar 3-4 kali dalam sehari agar kolam anda tetap sehat dan bebas dari bakteri.

- Hilangkan zat kotor.

Beberapa hal yang bisa membuat kolam anda kotor seperti serangga, dedaunan, dan zat kotor lainnya bisa anda bersihkan menggunakan jaring.