Perhatikan Bahaya Di Kolam Renang

Berenang dapat menghilangkan kepenatan setelah beberapa waktu beraktifitas. Di Jakarta, kini semakin banyak tersedia untuk umum. Baik kolam renang jenis olipiade maupun kolam renang untuk hiburan seperti taman kolam renang bermain (waterpark).

renang

Untuk mudahnya, memang lebih baik pergi ke kolam renang umum. Tinggal datang, bayar dan pulang jika sudah selesai. Namun ada kekurangannya jika kita menggunakan kolam renang umum. Kita tentu tidak tahu siap saja yang menggunakan kolam renang bersama kita. Juga, kita tidak tahu apakah semua pengguna kolam tersebut bebas dari penyakit kulit. Tentu saja resiko untuk kita tertular penyakit tersebut. Kerugian lain adalah pasti ada diantara pengguna kolam renang yang buang air kecil ketika didalam air. Mungkin anda juga pernah melakukannya ?

Kolam renang yang terkontaminasi oleh air seni

Sebuah penelitian dilakukan oleh sejumlah peneliti dari Kanada, yaitu Univerity of alberta. Dalam penelitian yang dilakukan dibeberapa lokasi kolam renang ditemukan 75 liter kandungan air seni dari jumlah 830 ribu liter kapasitas air. Bayangkan berapa orang yang melakukan buang air dikolam renang tersebut.



Baca juga : 3 Hal yang harus anda waspadai dari kolam renang

Seberapa bahayakah kandungan air seni dalam kolam renang bagi penggunanya?

Hal ini tentu saja menjadi dilemma buat kita yang hobi renang. Saat air seni atau urine bertemu dengan klorin atau pembersih kolam, akan terbentu zat yang cbahaya bagi kesehatan. Zat ini disebut cyanogen chloride. Zat tersebut bereaksi seperti halnya gas airmata yang mengakibatkan iritasi mata serta gangguan pada pernafasan. Tentu saja dampaknya akan terlihat ketika kita sering terkena limbah itu.

kolam renang

Namun kita tidak perlu khawatir. Menurut World Health Organization, level bahayanya masih dibawah batas wajar sehingga tergolong aman. Untuk itu, mari kita tumbuhkan kesadaran dan kepedulian kita terhadap lingkungan dan orang lain. Jika saja tak satupun dari kita yang melakukan kebiasaan buang air kecil dikolam renang, tentu semua akan aman, bukan? Luangkan sedikit waktu dan tenaga untuk berjalan ke toilet yang telah disediakan.