Geli, Lima Fakta Kolam Renang yang Harus Anda Ketahui

Kolam renang merupakan salah satu sarana rekreasi yang menyenangkan. Kolam renang selalu dianggap sebagai lokasi yang pas untuk menghilangkan beban pikiran, stres dan sekaligus tempat untuk bermain dan bersenang-senang.

Kolam renang selalu dianggap tempat yang ramah bagi keluarga dan teman-teman.  Banyak sekali kolam renang yang bersih, sebaliknya tidak sedikit pula kolam renang yang sangat kotor. Tempat rekreasi yang satu ini disebut-sebut sebagai sarang bakteri. Tentu saja hal ini juga menjadi pertimbangan bagi orang-orang untuk bersantai ria di kolam renang.

Penelitian yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit membuktikan bahwa terdapat bakteri E Coli yang umumnya ditemukan pada kotoran manusia di dalam kolam renang. Namun hal itu bukanlah yang terburuk karena terdapat lima fakta menggelikan tentang kolam renang yang akan membuat Anda berpikir untuk pergi ke kolam renang. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Satu dari Lima Orang Pernah Buang Air Kecil di Kolam

CDC telah melakukan survey terhadap 1000 orang dewasa dan menemukan bahwa 20 persen diantaranya  mengaku pernah buang air kecil di kolam renang.

2. Klorin Tidak Membunuh Semua Bakteri

Salah satu bakteri yang bisa bertahan hidup di klorin adalah pinworm, sejenis cacing penyebab masalah pencernaan. Bakteria Cryptosporidium bahkan bisa hidup dalam kolam dan bak air panas selama 10 hari, dan bisa mengakibatkan penyakit pencernaan serius jika tertelan.

3. Ada Kotoran Manusia di Kolam Renang

Melalui penelitian sejumlah filter kolam, CDC menemukan bahwa 58 persen sampel positif terkontaminasi E Coli, bakteri yang ditemukan dalam kotoran manusia. Rata-rata manusia membawa 14 gram kotoran di dalam pencernaan mereka saat masuk kolam yang dapat terkontaminasi di dalam air.

4. Semakin Kuat Aroma Kaporit, Semakin Kotor Kolam

Bau kolam renang yang selama ini kita sebut “bau kaporit” sesungguhnya merupakan hasil dari bercampurnya klorin dengan keringat, air kencing dan berbagai macam cairan tubuh manusia lainnya. Kolam yang bersih seharusnya hampir tidak berbau.

5. Klorin Bukan Satu-satunya Penyebab Perih pada Mata

Saat masuk kolam renang tanpa kacamata renang, mata kita umumnya akan terasa perih dan memerah. Itu bukan karena klorin saja, melainkan klorin bercampur dengan air kencing dan partikel kotoran manusia.

Demikianlah ulasan tentang lima fakta menggelikan yang terdapat pada kolam renang. Percaya ataupun tidak kembali lagi pada diri Anda. Sedikit himbauan bagi Anda yang ingin pergi ke kolam renang, pastikan bahwa kolam renang tersebut tidak terlalu kotor. Tentunya Anda bisa menilai kolam renang yang kotor dan bersih. Semoga bermanfaat.

 

Sumber: http://log.viva.co.id